MATERI PKWU KELAS XII (Sumber Daya Material, Teknik, dan Ide Produk Kerajinan)

Sumber daya usaha yang dibutuhkan untuk wirausaha kerajinan adalah bahan baku atau material, teknik dan alat, serta keterampilan. Wirausaha kerajinan untuk pasar lokal dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku, potensi teknik, dan keterampilan yang ada di daerah tersebut. Bahan baku dapat berupa bahan alam atau bahan buatan yang banyak tersedia di lingkungan sekitar. Bahan alam, misalnya serat nanas, enceng gondok, tanah liat, kayu, rotan, bambu, kerang dan tulang. Bahan buatan seperti kain, plastik, kaca, dan karet. Bahan baku atau material yang akan dimanfaatkan untuk memproduksi produk kerajinan harus memiliki jumlah yang cukup agar produk yang dihasilkan memiliki standar bentuk dan kualitas yang sama. Teknik pembuatan produk tergantung dari materialnya. Beberapa teknik yang dapat dugunakan untuk pembuatan kerajinan diantranya teknik ukir, teknik sambungan, teknik anyam, dan teknik jahit.
















TUGAS (KELOMPOK) 

Identifikasi Ragam Material dan Teknik di Lingkungan Sekitar

  1. Amati lingkungan Anda, lalu perhatikan ragam material atau bahan baku yang tersedia di lingkungan sekitar anda
  2. Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari pengrajin yang ada disekitar anda tentang ragam teknik yang dapat digunakan untuk setiap material tersebut.
  3.  Diskusikan dalam kelompok tentang ragam meterial dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan untuk pasar lokal. Tuliskan sebanyak-banyaknya tentang ragam bahan baku /material dan teknik yang ada di lingkungan sekitar anda.
  4. Hasil Tulisan nya dikumpulkan sebagai penilaian.

Komentar