MATERI KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KELAS XII

SEMESTER 1

BAB 1
Wirausaha Produk Kerajinan untuk Pasar lokal

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, peserta didik mampu:


1-Menghayati bahwa akal pikiran dan kemampuan manusia dalam berpikir kreatif untuk membuat 
   produk  kerajinan serta keberhasilan wirausaha adalah anugrah Tuhan.
2-Menghayati prilaku jujur, percaya diri, dan mandiri serta sikap bekerja sama, gotong royong,  
   bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreati, dan inovatif dalam membuat karya  
   kerajinanuntuk 
   pasar lokal guna untuk membangun semangat usaha.
3-Mendesain dan membuat produk serta pengemasan karya kerajinan untuk pasar lokal berdasarkan 
   identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi dan prosedur  berkarya.
4-Mempresentasikan, mempromosikan dengan pemilihan media yang tepat, dan menjual karya 
   produk 
   kerajinan untuk pasar lokal dengan perilaku jujur dan percaya diri melalui penjualan konsinyasi.
5-Menyajikan wirausaha kerajinan untuk pasar lokal berdasarkan analisis pengelolaan sumber daya 
   yang 
   di lingkungan sekitar.

Hukum ekonomi dasar menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara ketersedian barang di pasar (supply) dengan permintaan pembeli (demand) Titik temu antara permintaan dan pengadaan adalah penetapan harga jual produk. Ketersedian barang yang melebihi permintaan pembeli akan menurunkan harga barang. sebaliknya, ketersedian barang yang lebih rendah daripada permintaan pembeli, dapat menyebabkan harga barang menjadi tinggi.

Produk kerajinan memanfaatkan keterampilan tangn. Proses pengerjaan produk kerajinan membutuhkan waktu yang lama. Industri kerajinan hanya dapat menghasilkan jumlah barang yang terbatas dalam rentang waktu tertentu. Berbeda denganindustri manufaktur yang mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. hal tersebut memberikan peluang produk kerajinan dengan keunikan untuk memasuki pasar sebagai produk dengan jumlah terbatas atau limited edition/limited product.

contoh kerjinan

Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersedian sumber daya manusia, materil, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (Manusia), Money (Uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar)

Man (manusia) atau SDM (Sumber Daya Manusia) saat ini biasa disebut dengan istilah Man Power (tenaga manusia) atau Mind Power (daya pikir). salah satu keberhasilan wirausaha adalah keberhasilan mengelola sumber daya manusia.

Money dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan terjadi dalam usaha tersebut.

Market adalah pasar dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha. pengetahuan tentang pasar sasaran menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilan suatu usaha.
untuk itu dibutuhkan riset pasar yang bertujuan untuk mengenali pesaing yang ada di pasar.atau pemasar dapat mengetahui keinginan konsumen dari segi bentuk, kemasan dan warna.

Dunia telah melewati empat gelombang peradaban ekonomi, Pada gelombang pertama, pertanian menjadi penggerak ekonomi yang utama. gelombang tersebut dikenal dengan ekonomi pertanian. Revolusi Industri dan perkembangan permesinan membawa babak baru bagi perekonomian. Industri manufaktur bermunculan dan menghasilkan produk secara massal. produksi dari industri mssal menjadi motor penggerak utama ekonomi. Gelombang ini disebut sebagai Gelombang Ekonomi Industri.Gelombang berikutnya muncul sebagai akibat dari inovasi dibidang tehnologi Informasi. Gelombang ketiga ini disebut sebagai Gelombang Ekonomi Informasi. Sarana dan sumberdaya fisik memiliki keterbatasan. Ide dan gagasan kreatif dapat memberikan solusi untuk keterbatasan fisik yang ada. Ide kreatif membuat ekonomi terus tumbuh. Gelombang dengan ide kreatif sebagai penggeraknya disebut sebagai Gelombang Ekonomi Kreatif.


Industri-industri yang termasuk ke dalam industri kreatif dikelompokkan kedalam 14 subsektor. Subsektor tersebut adalah : Arsistektur, Desain, Fesyen, Kerajinan, Penerbitan dan Percetakan, Televisi dan Radio, Musik, Film, Vidio dan Fotografi, Periklanan, Layanan komputer dan Piranti lunak, Pasar dan Barang seni, Seni pertunjukan Riset dan Pengembangan, dan Permainan Interaktif. Subsektor kerajinan merupan salah satu yang memberikan kontribusi terbesar, baik terhadap pendapatan negara maupun penyerapan tenaga kerja


Dalam penataan sumber daya manusia terdapat tiga tahapan
Tahap 1
1. Pembentukan organisasi dan pembagian tugas
2. Penetapan target dan produksi
3. Membuat jadwal kegiatan
4. Menetapkan biaya produksi dan harga jual, pembiayaan serta alur keuangan

Tahap 2
1. Melakukan produksi
2. melakukan qualiti
3. Melakukan pengemasan
4. Melakukan promosi, penjualan dan distribusi

Tahap 3
1. Evaluasi kinerja dan keuangan
2. Penyusunan laporan evaluasi

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kekurangn dan melakukan perencanaan perbaikan, agar wiraausaha dapat berkembang menjadi lebih baik. Proses evaluasi dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Treats)

Tugas 1
Mengenali Diri dan Membuat Kelompok Usaha
membuat kelompok usaha yang terdiri dari 5-7  siswa perkelompok.
setiap kelompok harus mampu mendesain kelompok untuk menjadi kelompok bisnis
Tuliskan keahlian dari kelompokmu tersebut pada selembar kertas boleh dilengkapi dengan gambar agar lebih informatif dan menarik
informasi untuk guru memandu siswa nya untuk membuat kelompok sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam kelompok
semuanya dilakukan melalui proses daring karena kita mengikuti anjuran pemerintah (mencegah covid 19)

Komentar